Saat Gempa berkekuatan Magnitude 7,4 yang mengguncang Donggala -Palu Sulawesi Tengah serta sekelilingnya, pada jam 17.02 WIB, Jumat (28/9).

Palang Merah Indonesia (PMI) selalu fokus bantuannya dengan mengerahkan beberapa relawannya untuk menolong lakukan usaha evakuasi serta penyelamatan terpenting di sejumlah lokasi yang cukuplah terisolir di lokasi yang terdampak Gempa serta Tsunami ini.

Sekarang ini, PMI dalam proses perlakuan gempa serta tsunami ini mengerahkan semua kemampuan yang dimilikinya sampai kini baik SDM relawan yang terbiasa, ataupun semua armada simpatisan yang lain.

“Sekarang ini kita selalu mengerahkan sumber daya yang ada dengan fokus service di tiga lokasi yang terdampak cukuplah kronis salah satunya Palu, Sigi, serta Donggala dalam lakukan proses perlakuan pertolongan tanggap darurat musibah gempa serta tsunami ini,” Tutur Kepala Divisi Penanggulangan Musibah PMI Pusat, Arifin M.Hadi.
Menurut dia, pihaknya telah terjunkan beberapa ratus relawan untuk menolong proses evakuasi korban baik yang wafat, ataupun aksi service medis korban yang masih tetap selamat.

Untuk di tempat lokasi palu sendiri, service yang telah dikerjakan PMI sampai sekarang ini, tidak hanya masih lakukan asessment lapangan, PMI juga menolong proses evakuasi yang sekarang ini di fokuskan di titik Hotel Roa-Roa, serta Perumnas Balaroa. Dengan dibantu kendaraan multi medan hagglund untuk tembus puing puing puing-puing bangunan serta medan lumpur. Diluar itu service kesehatan, dan distribusi air akan di optimalkan di tempat ini sebagai keperluan basic penduduk terdampak.

Sesaat untuk di lokasi Sigi, berdasar pada info team PMI yang telah dilapangan, kondisinya begitu kronis serta terisolir. tidak hanya hampur semua bangunan rubuh, beberapa wilayahnya masih tetap diselimuti lumpur terpenting di desa Jonooge Langlesa yang menyusahkan Team dalam proses evakuasi.

“Kesusahan paling berat dilokasi ini ialah meniti perjalanan dengan medan lumpur dalam proses evakuasi korban,” saya Arifin.

Diluar itu, posko service RFL (Restoring Family Links) telah di buka PMI untuk buka service pemulihan jalinan keluarga untuk tahu status kehadiran keluarga korban.

“Untuk semua masyarakat yang ingin tahu status kehadiran saudaranya paska gempa serta tsunami ini, dapat memanpaatkan service RFL ini dengan mengirim perincian data orang yang dicari yang mencakup nama komplet, tanggal lahir, type kelamin, ciri ciri, serta alamat paling akhir yang didapati ke alamat e-mail : gempadonggala.rflpmi.@gmali.com,” pungkas Arifin.

Untuk info selanjutnya dapat menghubungi : Arifin Muhammad Hadi, Kepala Divisi Penanggulangan Musibah Markas Pusat PMI, Ponsel.081297777755. Ridwan Sobri Carman, Kepala Sub Tanggap Darurat, PMI Pusat, Ponsel. 08174802 000.