PMI DKI Jakarta akan bangun sub unit transfusi darah di kantor PMI Jakarta Barat, Jalan Perdana Raya no 12, Kelurahan Wijayakusuma Kecamatan Grogol Petamburan. Sarana itu menjadi salah satunya usaha memberi service penduduk dalam soal transfusi darah.

“Sub unit transfusi darah ini dibuat untuk melayani penduduk. Nanti rumah sakit di Jakarta Barat yang membutuhkan darah langsung bisa ke PMI Jakarta Barat. Sub unit transfusi darah ini gagasannya dibuat pada Februari 2017,” tutur Ketua PMI Jakarta Barat, Baharuddin, Selasa (31/1).

Menurut dia, sub unit transfusi darah ini menjadi tempat penyedia darah (bank darah) yang telah lewat proses pemrosesan di laboratorium komponen darah. Hingga rumah sakit yang memerlukan darah tak perlu hadir ke kantor pusat PMI DKI Jakarta.

Dijelaskan, berdasar pada catatan, PMI Jakbar memprediksi keperluan darah di Jakarta Barat sampai seputar 4.500 kantong per bulan. Sesaat keperluan darah di DKI Jakarta sampai 1.200 kantong darah /hari. “Itu baru perkiraan. Karena itu ini akan memudahkan rumah sakit yang memerlukan darah,” katanya.

Diluar itu, PMI Jakbar akan buka service donor darah sehari-hari di kantor PMI Jakarta Barat. Penduduk yang ingin mendonorkan darah langsung bisa mendatangi kantor PMI Jakbar, di Jalan Perdana Raya no 12, Wijayakusuma