Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,4 yang berlangsung di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, jam 17.02 WIB atau 18.02 Wita yang lalu menyebabkan terjadinya gelombang tsunami di perairan palu.

Palang Merah Indonesia (PMI) selekasnya mengirim beberapa pertolongan logistik menjadi pertolongan step awal, tidak hanya armada ambulans, serta mobil truk tangki air bersih sampai relawan untuk menolong beberapa korban.
“Hari ini PMI akan mengirim pertolongan logistik kedaruratan menjadi pertolongan step awal serta jadi salah satunya langkah prioritas perlakuan PMI untuk menolong masyarakat dari sana,” kata Kepala Biro Fasilitas serta Prasarana Markas Pusat PMI, Tia Kurniawan, Sabtu (29/9)

Menurut dia, untuk pertolongan step awal ini PMI sudah mempersiapkan beberapa barang pertolongan untuk diantar kelokasi lewat gudang PMI regional Makasar.

Barang pertolongan itu berbentuk 200 Selimut, 200 tikar, 500 jerican, serta 200 sarung. Diluar itu juga ada pertolongan lainnya untuk mensupport kemampuan lokal dengan mengirim 100 rompi PMI serta uang oprasional tanggap darurat 100 juta.

“Ini pertolongan step awal, sebab instruksi setelah itu semua pertolongan barang logistik selalu makin bertambah dari gudang regional di Makassar serta Banjarmasin yang akan akan di kirim ke Donggala Sulawesi Tenggah termasuk juga 15 armada truk tangki air bersih,” papar Tia.

Selain itu menurut Kepala Sub Tanggap Darurat PMI Pusat, Ridwan Sobri Carman memberikan, selama ini yang dikerjakan oleh PMI semenjak tadi malam telah memobilisasi relawannya serta ambulans untuk lakukan usaha evakuasi sampai lakukan usaha pertolongan pertama (PP) medis buat korban luka.

“Sekarang ini kita akan utamakan untuk mobilisasi personel PMI paling dekat untuk bertindak awal darurat berbentuk menolong proses evakuasi serta usaha penyelamatan, dan pemenuhan keperluan basic,” kata Ridwan.

Diluar itu, pihaknya selalu lakukan pengaturan dalam upaya-upaya mensupport lokasi terdampak dengan bekerjasama pemerintah ditempat lewat PMI Propinsi Sulawesi Tengah.

Untuk info selanjutnya: Ridwan Sobri Carman, Kepala Sub Tanggap Darurat, PMI Pusat, 0817 4802 000.