Palang Merah Indonesia (PMI) lakukan service klinik keliling (mobile clinic) untuk mencapai banyak wilayah terdampak yang cukuplah terisolir karena gempa bumi tsunami di Sulawesi Tengah.

Service itu menjadi tindak lanjut untuk mengoptimalkan service PMI dalam rencana operasi tanggap darurat musibah gempa yang menempa banyak wilayah di Sulawesi Tengah yang mencakup lokasi Sigi, Palu, serta Donggala.
Seperti dalam yang dikerjakan di lokasi Sigi. Di tempat ini sekurang-kurangnya sehari-hari ada beberapa ratus masyarakat sudah memperoleh service kesehatan dari team PMI, di kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

PMI menerjunkan Team Medis yang terbagi dalam dokter serta paramedis yang lain yang disebut Team kombinasi dari beberapa PMI lokasi lainnya yang memberi support serta diperbantukan dalam service kesehatan dalam rencana operasi tanggap darurat gempa bumi tsunami di lokasi ini.

“Kita memberi service kesehatan lewat cara menyisir ke rumah rumah, mencapai beberapa masyarakat korban yang terdampak karena musibah gempa bumi tsunami ini yang sekarang ini kondisinya masih tetap menghawatirkan serta cukuplah terisolir,” papar salahsatu Team Medis PMI, dr. Arina Hidayati.

Menurut Arina, keadaan diwilayah ini begitu menghawatirkan serta cukuplah kronis, dimana hampir tiap-tiap bangunan rumah ambruk serta di sejumlah lokasi masih tetap diselimuti lumpur. Sebagian besar pasien sampai sekarang ini menanggung derita diare, demam, flu, serta beberapa masih tetap luka mudah sebab tertimpa puing-puing bangunan.

“Dalam service Mobile Clinic ini, Sekurang-kurangnya sehari-hari kita mencapai serta melayani beberapa ratus masyarakat yang memiliki beberapa aduan medis serta memperoleh service kesehatan dengan diberikannya aksi medis yang dikerjakan oleh Team Medis kombinasi PMI,” lebih Arina.

Menurut dia, Perihal ini dikerjakannya untuk mengoptimalkan service PMI sebab banyak masyarakat sekarang ini alami masalah kesehatan serta psikologis karena efek musibah ini, terpenting masih tetap dihantui perasaan ketakutan serta trauma yang dalam karena musibah gempa serta tsunami yang menerjang lokasi ini.

Tidak hanya beberapa personel medis, pihaknya juga menyiagakan armada ambulans kritis darurat untuk memberi service medis referensi serta evakuasi pasien.

Tidak hanya di lokasi Sigi, Service kesehatan PMI ini dapat dikerjakan di lokasi palu persisnya dimuka halaman Markas PMI Propinsi Sulawesi Tengah untuk memberi service medis serta kesehatan pada beberapa masyarakat yang terdampak dilokasi itu.

Untuk info selanjutnya bisa menghubungi; dr.Arina hidayati, team service kesehatan PMI, Ponsel. 081227085060.